KENAPA LAUT BIRU?

on 11:36 AM comments (0)

KENAPA LAUT BIRU? Hai, Vici! Kenapa laut warnanya biru? Padahal air kan harusnya bening? (Joel, 8 tahun, Jakarta) Laut berwarna biru karena memantulkan warna langit. Tapi ada banyak faktor yang mempengaruhi warna laut, jika sedang langit sedang cerah maka warnanya biru, tapi jika mendung warnanya jadi abu-abu atau gelap. Jika kamu melihatnya di pantai warnanya pasti sesuai warna dasar lautnya, dan semakin kandungan garamnya banyak semakin biru warnanya.

BENTUK TOPI KOKI

on 11:36 AM comments (0)

BENTUK TOPI KOKI Halo, Vici! Kenapa bentuk topi koki kok kayak gitu ya? Siapa yang menciptakannya? (Tracy, 9 tahun, Bandung) Hahaha, lucu ya bentuknya. Katanya sih bentuk topi koki pertama kali dirancang oleh Leonardo Da Vinci sang pelukis terkenal, soalnya selain pelukis diapun seorang koki. Tapi kemudian dirancang ulang oleh Antonin Careme pada akhir abad ke-18. Baru pada abad ke-19, Alexis Soyer membuatnya keras dengan kanji agar bisa berdiri tegak dan memberi ruang kosong sebagai ventilasi agar kepala koki salalu segar. Jadilah bentuknya seperti bentuk topi koki yang kita kenal sekarang ini.

SIAPA TUHAN?

on 11:34 AM comments (0)

SIAPA TUHAN? Dear Vici, Tuhan itu siapa sih? Bagaimana kita tahu bahwa Tuhan itu ada? Dan siapa yang menciptakan Tuhan? (Daniel, 7 tahun, Semarang) Hai Daniel! Tuhan adalah yang menciptakan semua manusia dan segala sesuatu. Tuhan adalah Bapa kita yang peduli kepada semua orang dan setiap kita. Kita tahu bahwa Tuhan itu ada melalui iman kita. Iman adalah percaya akan sesuatu yang tidak kita lihat. Misalnya kita tidak dapat melihat angin, tapi kita dapat melihat bagaimana angin menggerakkan pohon dan bunga. Kita tidak dapat mencium atau memegang cinta, tapi kita tahu bahwa cinta itu ada. Jadi, seharusnya tidak sulit untuk percaya Tuhan. Tidak seorang pun menciptakan Tuhan. Tuhan sudah ada sejak dulu. Meskipun kita tidak memiliki jawaban tentang bagaimana Tuhan ada, kita hanya cukup mengingat bahwa Tuhan itu tidak terbatas, dan itulah sebabnya, Tuhan itu sejak dulu ada.

BANGUN TIDUR KUTERUS...

on 11:48 AM comments (0)

“Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia (Yesus) bangun dan pergi ke luar. Ia (Yesus) pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” (Markus 1:35) Joko dan Toni sahabat baik di sekolah. Mereka duduk sebangku di kelas dan sering bersama-sama kemana saja. Di sekolah, Joko lebih pandai dari pada Toni. Joko juga disenangi oleh semua teman-teman dan guru-gurunya karena ia anak yang ramah dan periang. "Joko, kok kamu bisa pintar dan disenangi oleh banyak orang, sih?", tanya Toni kepada Joko penasaran. Joko menjawab, "Aku punya kebiasaan khusus setelah bangun tidur di pagi hari, Ton". Mendengar jawaban Joko, Toni makin penasaran, "Kebiasaan khusus apa itu?". Joko tersenyum kemudian menepuk bahu sahabatnya itu, "Setelah bangun tidur aku tidak melakukan kegiatan lain-lain dulu, tapi berdoa kepada Tuhan di Surga." Toni mengangguk-anggukan kepalanya mendengar jawaban Joko, "Jadi doa setelah bangun pagi itu penting ya? Aku suka malas berdoa setelah bangun tidur!" Jagoan-Vlo!, apa yang dikatakan oleh Joko itu benar lho. Doa itu sangat penting, apalagi doa setelah bangun tidur di pagi hari. Doa adalah cara kita berbicara kepada Tuhan kita Yesus Kristus. Dengan berdoa, kita bisa menyenangkan hati-Nya dan karenanya kita akan diberkati dengan kepintaran, diingatkan untuk selalu rajin, dilepaskan dari kesedihan, dimudahkan dalam mengerjakan segala sesuatu, membuat kita sabar, kuat, semangat belajar dan selalu gembira, dan pastinya akan membuat kita disukai oleh banyak orang. Jagoan-Vlo! yang rajin berdoa pasti disertai oleh Tuhan. Yesus sudah memberi kita contoh lebih dulu. Setelah Yesus bangun dari tidur, Ia langsung pergi mencari tempat yang sunyi dan berdoa. Jika kita bangun dari tidur, seharusnya juga demikian. Begitu buka mata langsung berdoa! Baru setelah itu membereskan tempat tidur, mandi, dan bersiap-siap ke sekolah atau mengerjakan hal-hal lainnya. Yuk, kita berdoa setiap pagi setelah bangun tidur. Kita pasti bisa seperti Joko yang rajin belajar, pandai dan juga disukai oleh teman-teman dan gurunya di sekolah kalo kita rajin berdoa pagi dan dikasihi Tuhan. “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4:6) Doa: "Tuhan kami yang ada di Surga, terima kasih atas anugerah-Mu. Terima kasih karena Engkau sudah menjagai tidurku dan memberiku kesehatan saat bangun tidur di pagi ini. Berkati hariku ini; beri semangat belajar, kerajinan, kepintaran, sukacita, kekuatan, kesabaran, dan jadikan aku anak yang baik bagi-Mu, kedua orang tuaku, guru-guruku, teman-temanku, dan bagi semua orang yang akan kutemui sepanjang hari ini. Di dalam nama Yesus, aku sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin." Nyanyikan nyanyian baru: "Bangun tidur kuterus DOA. Tidak lupa MENGUCAP SYUKUR. Habis DOA kutolong ibu. Membersihkan tempat tidurku" (nj@coe).

LOVE GOD

on 11:39 AM comments (0)

Jagoan-Vlo!, kita semua tahu bahwa kita disayang oleh Tuhan, bukan? Tapi apakah kita sudah balik menyayangi Tuhan juga? Ada 5 alasan mengapa kita harus mengasihi Tuhan. 1. TUHAN AKAN KASIH KEJUTAN! Kalo kita cinta Tuhan, Tuhan akan selalu memelihara kita dan memberi kita kejutan-kejutan indah. Itu sama seperti kita mendapat kado ulang tahun setiap hari! Hehe. Soalnya Alkitab berkata, “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul dalam hati manusia; semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia” (baca di 1 Korintus 2:9). Surprissseee!! 2. TUHAN KENAL DENGAN KITA! Tuhan juga berkata “Orang yang mengasihi Allah, ia dikenal oleh Allah” (baca 1 Korintus 8:3). Kalian mungkin tahu siapa Justin Bieber atau Miley Cyrus, tapi apakah mereka kenal kita? Belum tentu kan? Kita mungkin banyak tahu tentang Tuhan, tapi apakah Tuhan mengenal kita? Hanya orang yang mengasihi Tuhan yang Tuhan kenal. 3. TUHAN AKAN JADI SAHABAT KITA! Yesus pernah berkata “Jika seseorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firmanKu dan BapaKu akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan tinggal bersama-sama dengan dia”. Wow asyik sekali kan? Kalau kita mengasihi Tuhan, Tuhan akan jadi sahabat kita! 4. TUHAN SUDAH MENGASIHI KITA! Kita harus mengasihi Tuhan karena Tuhan terlebih dulu mengasihi kita. Kita harus tahu diri dong! Alkitab berkata “Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita” 1 Yohanes 4:19. 5. TUHAN AKAN MENYERTAI KITA! Kalau kita mengasihi Tuhan, Tuhan berjanji akan selalu menda-tangkan kebaikan bagi kita. Waktu kita di rumah, mengerjakan PR, bermain, membantu pekerjaan orang tua, apapun yang kita kerjakan akan Tuhan sertai. (F!)

TUHAN TINGGAL DIMANA?

on 11:33 AM comments (0)

TUHAN TINGGAL DIMANA? Hai, Vici! Tuhan itu tinggal dimana? (Helen, 8 tahun, Jakarta) Tuhan itu ada dimana-mana. Dia disebut Maha Hadir, yang artinya Dia hadir dimana-mana. Karena Tuhan ada dimana-mana, kita tidak pernah sendiri. Kita memiliki keterbatasan untuk melakukan segala sesuatu. Kita hanya punya 24 jam dalam 1 hari, dan tidak peduli betapa kerasnya kita berusaha untuk menambah waktu kita, kita tetap hanya punya waktu 24 jam dalam satu hari. Nah, kalau Tuhan itu tidak punya batas. Karena Tuhan tidak punya batas, Dia dapat berada dimana-mana dan Dia tidak dibatasi oleh apapun ketika melakukan segala sesuatu.

EDISI #14

on 5:44 PM comments (0)